Kegiatan Anak-Anak Mengafal AL-QUR’AN di Masjid Fatimah Fikrul Akbar

Para salafus shalih yang sampai sekarang menjadi rujukan kaum muslimin pada usia yang masih sangat bela sudah hafal AL-QUR’AN diantara lain:

  1. Imam Syafi’i (150 H-204 H). Hafal Al-Quran ketika usia 7 tahun.
  2. Imam Ath-Thabari (224 H – 310 H), hafal Al-Quran pada usia 7 tahun, usia 8 tahun menjadi imam shalat dan mulai menulis hadits pada usia 9 tahun.
  3. Umar bin Abdul Aziz hafal Al-Quran saat masih kecil
  4. Ibnu Sina (370 H- 428 H), Hafal Al-Quran umur 5 tahun.
  5. Ibnu Qudamah (541 H – 620 H). Hafal Al-Quran usia 10 tahun.
  6. Imam Nawawi. Hafal Al-Quran sebelum baligh.
  7. Imam Ahmad bin Hambal. Hafal Al-Quran sejak kecil.
  8. Ibnu Khaldun (732 H- 808 H). Hafal Al-Quran usia 7 tahun.
  9. As-Suyuthi (w: 911 H), hafal Al-Quran sebelum umur 8 tahun, umur 15 tahun hafal kitab al-Umdah, Minhaj Al-Fiqh wa Al-Ushul, Alfiyah Ibn Malik.
  10. Jamaluddin Al-Mizzi (w: 742 H), hafal Al-Quran saat kecil.
  11. Ibnu Hajar Al-Atsqalani (w: 852 H) hafal Al-Quran usia 9 (Kiblat Pendidikan).

Untuk bisa menghasilkan ulama besar seperti halnya ulama terdahulu, tentu kemampuan menghafal Al-Quran harus bahkan wajib disiapkan sedini mungkin. Karena menghafal Al-Quran tak hanya menghasilkan hafalan Al-Quran, tapi hakikatnya melatih kecerdesan yang sangat hebat.

Pepatah arab mengatakan “Al’ilmu fissudur la fissutur“ yang artinya “ilmu itu di dada bukan di buku”. Seseorang baru dinilai berilmu jika sanggup menguasai di luar kepala .Navare seorang Psikolog sekaligus peneliti, menyimpulkan, jika seseorang dikembangkan potensinya ia akan sanggup menguasai enam disiplin keilmuan (Bintang-bintang Pelajar). Tak heran jika Al-Farabi, Ibnu Sina, Alhawarizmi menjadi terkenal sebagai ilmuan di bidangnya sekaligus sebagai ‘alim di zamannya .

Berikut Peta Usia Generasi Terbaik dalam Pendidikan Islam :

Sebelum baligh (10-15 tahun) – Menghafal Al-Qur’an (paling lambat mulai 5 tahun) – Pengajaran adab dan sunnah (hadits) – Pembiasaan ibadah (Sholat 7 tahun, 10 tahun boleh dipukul)

    Setelah baligh (15 – 20 tahun) – Memantapkan hafalan qur’an 30 juz, disertai pemahaman tafsir dll .– Paham ilmu-ilmu syari’at (hadits, fiqih, faraid) – Menguasai keterampilan hidup : bertani, beternak, berdagang, mengelola SDA dan SDM, sains dan teknologi. -Berkiprah di medan ta;rbiyahdan dakwah

Alhamdulillah di awal tahun 2013 mulai merintis mengenalkan alquran sejak usia dini dimulai dari SAUNG TAHFIZ BAHAGIA BABELAN merambah ke teras rumah orangtua pak RT 14 RW 06 kampung pulo asem babelan kota kabupaten bekasi. Dengan dengan ijin ALLAH berdirilahMASJID FATIMAH FIKRUL AKBAR dengan aktivitas menghafal quran bersama syekh dari Timur Tengah hingga sekarang ini . Tonton Like and Share vidio berikut ini;