MENGAWALI TAHUN BARU BERBAGI KEBAHAGIAAN DENGAN BERSEDEKAH

BERSEDEKAH BUKU BACAAN-BERBAGI CERITA-BERBAGI KEBAHAGIAAN BERSAMA MOBILQUR”AN

Berbicara tentang sedekah, tentu yang akan terfikirkan oleh kita adalah memberikan uang kepada orang lain, itu tidak salah, karena memang itu adalah salah satu bentuk sedekah, tapi sebenarnya sedekah tidak hanya tentang memberikan uang atau materi kepada orang lain.

Sedekah yang kita lakukan bisa dalam bentuk senyuman, tenaga, fikiran, doa dan apapun yang kita berikan kepada saudara kita dan itu bermanfaat untuk mereka.

Di khabarkan di dalam Al-‘quran , tidak ada amalan yang ingin di lakukan oleh seseorang yang telah meninggal dunia selain bersedekah, seperti di firmankan oleh Allah dalam surat Al Munafiqun ayat 10:

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: “Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” [QS Munafiqun ayat 10]

Allah subhanahu wataala berfirman :

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ

رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. Al-Baqarah ayat 274)

Bahwa barang siapa yang dapat bersekah mulai dari siang hingga malam, baik itu secara terbuka ataupun sembunyi-sembunyi, niscaya Allah akan memberikan ketenangan di hati mereka. Bahkan Allah juga akan menghilangkan rasa risau dari dalam diri mereka, terutama saat menghadapi masalah yang besar.

Beberapa faidah sedekah telah disabdakan oleh baginda Rosulullah :

1.Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“(HR. At-Tirmidzi)

2.“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.”(HR. Bukhari)

Rasulullah SAW telah jelas mengungkapkan tentang orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat nanti, salah satunya adalah orang-orang yang bersedekah.(HR. Bukhari)

3.“Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.”(HR. Bukhari)

4.“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”(HR. Muslim, no. 2588)

Jangan takut untuk hilang harta, jangan takut juga untuk mengulurkan tangan kanan kita. Mulai perjalanan kebaikanmu di wadah menyalurkan kebaikan di asofamedia.com

BISMILLAH JEMPUT SEDEKAH INFAK ZAKAT WAKAF